Kronologis Tanjung Priok Berdarah Versi Satpol PP

15Apr10

Bentrokan antara aparat keamanan dan warga dalam upaya pembongkaran makam Mbah Priok akhirnya pecah Rabu 14 April kemarin. Padahal, pendekatan aparat kepada ahli waris, warga dan ormas pendukung keberadaan makam sudah dilakukan sejak 4 tahun lalu. “Kita sudah melakukan pendekatan sejak empat tahun lalu. Kita sudah bertemu dengan para habib, ahli waris, Front Pembela Islam (FPI), FBR juga,” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (PP), Haryanto Badjoeri.

Benturan itu tercatat menewaskan tiga orang anggota Satpol PP dan ratusan korban luka dari pihak warga dan aparat. Berikut kronologis Priok Berdarah versi Kepala Satpol PP Haryanto Badjoeri.

Pukul 05.00 WIB
Aparat keamanan gabungan melakukan apel karena aparat mendapat informasi dari Intel Kodim kalau situasi kondusif di area makam.

Pukul 06.15 WIB

Pasukan sudah berbaris di jalan menuju makam. Tapi Satpol PP sudah dilempari batu, bom molotov, dan air keras. Satpol PP saat itu hanya bisa berlindung dengan tameng. Satpol PP perlahan maju, tapi dihadang di depan gapura makam. Banyak anggota Satpol PP yang luka-luka karena sabetan senjata tajam seperti celurit, samurai dan lain-lain. Ada yang perutnya robek, tangan nyaris putus. Saat itu korban dari Satpol PP mencapai 29 orang, padahal saat itu belum pukul 09.00 WIB.

Pukul 10.00 WIB

Bentrokan sempat berhenti, aparat hanya bertahan.

Pukul 11.30 WIB
Terjadi lagi bentrokan. Saat itu aparat belum mendapat perintah mundur.

Pukul 12.30 WIB

Perintah mudur diterima aparat. Tapi saat itu kita sampaikan melalui HT maupun HP kepada teman di lapangan. Namun susah dihubungi.  Tapi lama-lama aparat akhirnya mundur. Tapi saat itu aparat sudah dikepung massa. Anggota terkepung di kawasan Peti Kemas dan sore hari aparat baru dievakuasi lewat laut dengan kapal.

Sumber: http://www.babamz.com/kronologis-tanjung-priok-berdarah-versi-satpol-pp.html



No Responses Yet to “Kronologis Tanjung Priok Berdarah Versi Satpol PP”

  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: